Home » » WORKSHOP BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Desa Vokasi)

WORKSHOP BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Desa Vokasi)


Ada yang membanggakan setiap pelatihan atau workshop diselanggarakan, memberikan kepuasan dan rasa ketidaksia-siaan. Adalah semangat peserta untuk mengikuti dan rasa keingintahuan untuk lebih mendalami selama materi ataupun dalam praktek. Hal inilah yang kami rasakan dan kami lihat selama penyelenggaraan Workshop Budidaya Jamur Tiram.

Kegiatan ini adalah proses awal dari dipilihnya desa Majenang Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen untuk melaksanakan program Desa Vokasi tahun 2010. Pemerintah Desa Majenang bersinergi dengan PKBM Mekarsari mencoba mengemas program ini mengena dan sesuai dengan sasaran. Pada tahap awal ini ketrampilan yang disampaikan adalah budidaya jamur tiram sesuai dengan survai baik sumber daya alam, sdm, maupun potensi pasar, keberadaan jamur tiram di Kecamatan Sukodono maupun di Kabupaten Sragen pada umumnya masih menyimpan potensi yang menjanjikan. Produksi yang masih kurang tidak sebanding dengan permintaan pasar yang semakin meningkat, letak desa Majengan sendiri sebagai ibu kota Kecamatan Sukodono yang dekat dengan pasar Kecamatan. Hal ini yang menjadi menjadi pendorong bagi kami dalam memberikan semangat kepada masyarakat untuk mencoba meningkatkan produksi dengan memberikan pengetahuan yang lebih tentang budidaya jamur tiram dalam sebua workshop.

Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 4 – 5 Oktober 2010 bertempat disalah satu sentra budidaya jamur tiram di Desa Majengan Kecamatan Sukodono. Dibuka secara resmi oleh Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan sukodono dan d ikuti oleh 10 peserta. Dalam sambutanya Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukodono Suyanto, S.Pd, mengharapkan kepada para peserta untuk lebih serius selama workshop berlangsung. Karena ini adalah kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Nara sumber teknis kita datangkan langsung dari Yogyakarta, dengan pertimbangan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan pengalaman dalam membudidayakan jamur tiram.

Menulis tanpa tinta tidak akan terwujud sebuah cerita, demikian juga keinginan tanpa perbuatan tidak bakal terbentuk sebuah karya. Semoga kegiatan kecil ini dapan menjadikan semangat bagi kami untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Selalu mohon petunjukmu ya Allah…
Share this article :

2 komentar:

  1. saya tinggal dijakarta, saya mau tanya kalo dijakarta didaerah mana ada pelatihan seperti itu

    BalasHapus
  2. kalo ada kabari saya di dedi40855@gmail.com

    BalasHapus

Selamat datang di blog kami, jika anda berkenan silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

 
Support : pkbm | silvasrg | google+
Copyright © 2010-2015.. - All Rights Reserved
Created by Build Blog Published by Mas Munif
Proudly powered by Blogger | Mekarsari